Sabtu, 23 Juni 2012

"Nature" Kalbar

Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau yang di lewati oleh garis khatulistiwa dan kota yang di lalui garis khatulistiwa adalah kota Pontianak. Di kota Pontianak ini juga terdapat Tugu Khatulistitwa yang di bangun pada tahun 1928.
Kota Pontianak merupakan Ibukota Propinsi Kalimantan Barat
Tinggi permukaan tanah dari permukaan laut antara 0,8 s/d 1,5 meter

Struktur tanah merupakan lapisan tanah gambut bekas endapan Lumpur Sungai Kapuas. Lapisan tanah liat baru dicapai pada kedalaman 2,4 meter dari permukaan laut

Kota Pontianak termasuk beriklim tropis dengan suhu yang tertinggi ( berkisar antara 28 –32 derajat C dan suhu rata –rata pada siang hari 30 derajat C )
Kota Pontianak terletak pada garis lintang 0 derajat bertepatan dengan garis Khatulistiwa dan 109 derajat, 20 menit, 00 detik Bujur Timur


 Festival Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa ini berada di jalan Khatulistiwa kecamatan Pontianak Utara. Letak nya berada di pinggir jalan raya sehingga bila pengunjung ingin berkunjung Tugu Khatulistiwa ini tidak sulit untuk mencari lokasinya. Saat yang tepat untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa adalah saat dimana terjadi nya titik Kuliminasi yaitu pada bulan Maret dan September.



Seperti tanggal 22 September 2011 adalah perayaan titik kulminasi yang di rayakan serentak dengan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa ini berada tidak jauh dari sungai sehingga bila di kunjungi pada waktu sore memberikan suasana yang berbeda terutama suasana senja di pinggiran sungai, sembari memandangi Tugu Khatulistiwa. Selain itu di sekitar Tugu Khatulistiwa ini juga halaman nya tertata rapi serta bersih. Rumputnya yang hijau serta tumbuhan - tumbuhan yang hijau beserta tanaman hias yang sangat indah.

Air Terjun Tikalong

Dengan pesona alam yang menakjubkan tak ada salahnya jika Kalimantan Barat menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi Anda. Di daerah ini banyak sekali lokasi wisata alam berupa riam atau air terjun.
Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kalimantan Barat adalah air terjun Tikalong yang terletak di Kabupaten Bengkayang. Air terjun Tikalong merupakan air terjun mini dengan aliran air yang cukup deras namun sangat jernih.
Dengan udaranya yang sejuk dan nyaman menjadi tempat favorit bagi masyarakat untuk berlibur. Banyak orang yang datang ke kawasan ini untuk menikmati keasrian alam sekitar air terjun sambil berbasah-basah ria.

Jika Anda beruntung di kawasan ini Anda dapat menjumpai tanaman Keladi Tikus dengan bunganya yang berwarna ungu. Untuk menuju air terjun Tikalong dapat ditempuh dari kota Pontianak dengan mengendarai mobil selama 4 jam.


Pantai Kijing
Pantai Kijing yang merupakan pantai nan indah, terletak 18 kilometer dari kota Mempawah. Di pantai ini tersedia fasilitas kantin, kolam renang, musholla, wihara, taman dan panggung pertunjukan. Panggung pertunjukan menampilkan berbagai acara hiburan pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Lokasi pantai Kijing dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mangrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya. Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. 

Pantai Pasir Panjang

Jejeran pohon kelapa yang mengawal bentangan pasir putih di Pantai Pasir Panjang, Kalimantan Barat seakan tak berujung. Bila beruntung dan cuaca cerah, Anda bisa mengintip Malaysia dari pantai ini.
Udara segar ditambah suasana yang jauh dari hiruk pikuk ibukota, dijamin ampuh menyegarkan kembali pikiran Anda. Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat, boleh di datangi
pemandangan pulau-pulau di sekitarnya menjadi latar belakang yang sangat menawan. Pulau Kelapa dan Pulau Mentete menyatu dengan hutan pinus yang tertata rapi seolah membungkus pantai cantik ini. Sungguh, Pasir Panjang ini memiliki alam yang sangat eksotis.
Saat cuaca cerah, pelancong bisa melihat Malaysia. Saat senja menjelang, sunset cantik nan eksotis siap mengisi memori kamera Anda. Baru setengah mentari menenggelamkan tubuhnya, segerombolan ikan terbang "menari" di laut. Wah!
Berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak. Dari sini pengunjung bisa naik taksi, travel, atau bus untuk sampai ke Kota Singkawang. Selanjutnya, dari Singkawang, wisatawan bisa menggunakan taksi, bus, atau minibus.
Tidak ada kata menyesal dan bosan setelah datang ke pantai ini. Bahkan wisatawan mancanegara sudah banyak yang mengincar dan mendatangi Pasir Panjang. Wow! Tuhan, benar-benar mahir dalam menata alam semesta ini.
Siapkan peralatan dan perbekalan, karena keindahan tak berujung di Pantai Pasir Panjang akan membuat anda lupa waktu.

Deden Rojudin,Mempawah/Kalimantan Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar