Senin, 01 Oktober 2018

"Rhino" Cula satu asal ujung jawa di ujung tanduk

Cerita perjalanan ku kali ini menuju barat ,bukan eropa atau pun amerika melainkan ujung barat pulau terpadat di Indonesia ya..provinsi banten ,provinsi banten adalah pemekaran dari provinsi jawa barat.karena letaknya berbatasan langsung dengan ibu kota jakarta,kota kota di banten tergolong ramai tapi berbanding terbalik dengan daerah kabupaten nya yang jauh  tertinggal.
Transportasi
Dari Jakarta, Anda dapat menuju Serang dengan menggunakan mobil melalui jalan tol, lalu ke Labuan yang memakan waktu kira-kira 1,5 jam. Ujung Kulon dapat Anda jangkau dengan speedboat sewaan dari Labuan ke Pulau Peucang yang memakan waktu 5 jam. Atau Anda dapat juga menggunakan mobil selama 3,5 jam dari Labuan ke Tamanjaya.




Berdasarkan informasi petugas taman nasional Pada Februari 

Tugu Badak TNUK
2014, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengumumkan populasi badak jawa terkini mencapai 58 ekor terdiri atas 35 jantan dan 23 betina.

Namun selang satu bulan setelah diumumkannya populasi terkini hewan bertubuh besar endemik di semenanjung Jawa ini, tim pemasang video trap Rhino Monitoring Unit (RMU) Balai TNUK menemukan satu badak jawa jantan yang diperkirakan berusia antara 23-26 tahun mati.








Menjadi Maskot Asian Games Jakarta Palembang Tahun 2018

Asian Game merupakan ajang olahraga terbesar se-Asia. Seperti yang diketahui, pada tahun 2018 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan bergengsi tersebut. Segala hal pun serta merta dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, baik segi teknis, infrastruktur hingga maskot Asian Games 2018.

Setelahnya, pihak panitia menyelenggarkan sayembara desain maskot Asian Games 2018 dan terpilihlah 3 maskot berikut ini. Mereka semua punya makna yang Indonesia banget lho!

1. Bhin Bhin.

Lucu Imut-imut, Inilah 3 Maskot Resmi Asian Games 2018
Bhin-Bhin adalah maskot yang diadaptasi dari seekor burung asal Papua yakni Cendrawasih (Paradisaea Apoda). Bhin Bhin makin kece dengan mengenakan rompi motif Asmat dari Papua. Maskot ini sendiri merepresentasikan strategi dengan harapan para atlet khususnya Indonesia bisa bersaing dengan strategi yang baik.

2. Atung.

Lucu Imut-imut, Inilah 3 Maskot Resmi Asian Games 2018

Atung adalah seekor rusa bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Rusa bawean sendiri adalah hewan yang banyak di jumpai di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Atung menjadi maskot yang merepresentasikan kecepatan, karena rusa sendiri dikenal akan kecepatan berlarinya.

3. Kaka.

Lucu Imut-imut, Inilah 3 Maskot Resmi Asian Games 2018
Kaka adalah maskot yang terinspirasi dari seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang dikenal hanya bisa ditemukan di Ujung Kulon, Indonesia. Hewan langka ini mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. Karena tubuhnya yang besar dan kuat, di sini Kaka merepresentasikan kekuatan.

Nama-nama Lucu ini merupakan Singkatan dari simbol Ideologi PancaSila yaitu Bhineka Tunggal Ika,ya semangat persatuan bangsa besar yang belakangan ini mulai panas menjelang pilpres 2019,kita doakan semoga negara kita akan selalu bersatu tanpa ada perpecahan seperti apa yang dicita-citakan  oleh para pendiri bangsa,yaitu dengan semangat:
1.Ketuhanan
2.Kemanusian
3.Persatuan
4.Demokrasi
5.Keadilan
Bisa terealisasi aamiin

Tentang Kaka, Bhin Bhin, dan Atung, Maskot Asian Games 2018

Ancaman populasi

Angka kelahiran badak sangatlah rendah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar